Terdapat lima macam kegiatan pengembangan profesi yang dapat dilakukan oleh guru,yaitu
- membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI),
- menemukan Teknologi Tepat Guna,
- membuat afat peraga/bimbingan,
- menciptakan karya seni,dan
- mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.
![]() |
foto: illustrasi |
Membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan salah satu bentuk dari kegiatan pengembangan profesi yang dapat dilakukan para guru.
KTI tidak harus selalu berupa laporan hasil penelitian. Terdapat 7 (tujuh) macam karya tulis ilmiah dan salah satu di antaranya adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian.
Macam KTIadalah sebagai berikut:
- Hasil penelitian, pengkajian, survey, dan atau evaluasi di bidang pendidikan
- Karya tulis atau makalah yang berisi tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan
- Tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa
- Prasarana berupa tinjauan,gagasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan dalam kegiatan ilmiah
- Buku pelajaran atau modul
- Diktat pelajaran
- Karya penerjemahan buku pelajaran/karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan
Kegiatan penelitian merupakan kegiatan ilmiah. Sehingga, laporan hasil penelitian juga merupakan Karya Tulis Ilmiah (KTI). KTI yang merupakan laporan hasil penelitian dapat berbentuk makalah, artikel ilmiah dl jurnal,dan lain-lain. Akhir-akhlr ini, KTI yang berupa laporan hasil penelitian tindakan kelas, menunjukan jumlah yang makin meningkat.